EdukasiPlus.id – Jika Anda siap menerapkan program manajemen pengetahuan di organisasi, pertimbangkan kiat-kiat berikut.
1. Tetapkan pengetahuan organisasi
Berapa banyak pengetahuan yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuana? Seperti apa pelanggan ideal?
Proses apa yang perlu diterapkan untuk mengumpulkan dan berbagi pengetahuan perusahaan?
2. Buat rencana manajemen pengetahuan
Setelah Anda mengidentifikasi tujuan dan pemangku kepentingan utama, Anda dapat mulai mengembangkan rencana manajemen pengetahuan.
Rencana ini harus mencakup proses untuk mengumpulkan, menyimpan, dan berbagi pengetahuan serta strategi untuk melacak dan menganalisisnya.
3. Terapkan alat dan teknologi yang tepat
Memilih teknologi yang tepat untuk perusahaan dan anggota tim adalah pilihan Anda.
Ini bisa sesederhana menyiapkan struktur folder di intranet perusahaan Anda atau menggunakan alat seperti Google Drive atau salah satu dari banyak alat di atas.
4. Latih dan dukung karyawan
Setelah menerapkan alat dan teknologi, Anda perlu melatih karyawan Anda tentang kompetensi penting.
Pastikan mereka memiliki sumber daya yang mereka butuhkan untuk berhasil, seperti tutorial, panduan pengguna, dan materi pelatihan.
5. Dorong karyawan untuk berbagi pengetahuan mereka
Budaya perusahaan sangat berpengaruh. Ciptakan budaya organisasi yang mengutamakan berbagi pengetahuan dengan mengakui dan memberi penghargaan kepada karyawan yang berbagi pengetahuan mereka.
6. Ukur keberhasilan sistem manajemen pengetahuan Anda
Apa saja tujuan yang ingin dicapai? Apakah Anda memenuhi tujuan tersebut? Perubahan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pendekatan Anda?
7. Terus perbarui dan tingkatkan sistem manajemen pengetahuan Anda
Seiring pertumbuhan dan perubahan organisasi Anda, strategi untuk mengelola pengetahuan pun harus berubah.
Rencanakan pengoptimalan rutin sehingga Anda dapat meninjau pelajaran yang dipelajari dan melakukan penyesuaian yang diperlukan.